Asam Lambung (Gastroesophageal Reflux Disease)

Asam Lambung (Gastroesophageal Reflux Disease)Asam lambung merupakan cairan yang ada di lambung untuk membantu pencernaan. namun, asam lambung bisa menjadi suatu penyakit juga apabila keluar dari lambung. keluarnya asam lambung dan naik ke tenggorokan bahkan dapat di muntahkan suatu gangguan kesehatan tubuh. sebab yang sehat maka asam lambung tidak akan keluar dari lambung. asam lambung hanya akan keluar dari lambung di saat ada bagian lambung yang tidak berfungsi dengan baik.

Ada bagian lambung yang fungsinya seperti pintu yang akan terbuka ketika ada makanan dan minuman masuk, dan nantinya tertutup kembali. tetapi bagian lambung tersebut bisa mengalami penurunan fungsi, sebab otot lambung yang lemah sehingga tidak dapat tertutup kembali sehingga asam lambung bisa naik dan menyebabkan penyakit asam lambung. penyakit asam lambung juga dikenal dengan (Gastroesophageal Reflux Disease) yang akan menyebabkan rasa mual sehingga perut akan terasa tidak nyaman. penyakit asam lambung (Gastroesophageal Reflux Disease) pun bisa kambuh maka dari itu perlu hati hati.

Penyebab Asam Lambung (Gastroesophageal Reflux Disease)

Penyakit asam lambung (Gastroesophageal Reflux Disease) terjadi karena disebabkan oleh fungsi dari lambung yang sering di sebut dengan LES atau kependekan dari lower esophageal sphincter yang merupakan lingkaran otot pada lambung yang tidak berfungsi dengan baik untuk menutup lambung sehingga asam lambung bisa naik. Penurunan fungsi LES yang menyebabkan penyakit asam lambung (Gastroesophageal Reflux Disease) belum diketahui penyebabnya. tetapi ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan asam lambung atau yang menyebabkan menurunnya fungsi LES pada lambung. dibawah ini beberapa hal yang bisa menyebabkan penyakit asam lambung (Gastroesophageal Reflux Disease) :

  • Obesitas

Penyakit asam lambung (Gastroesophageal Reflux Disease) bisa terjadi karena disebabkan oleh obesitas atau kegemukan. seseorang yang memiliki berat badan berlebih lebih berpotensi untuk mengalami penyakit asam lambung. karena obesitas faktor kegemukan memberikan tekanan berlebihan pada lambung, sehingga lingkaran otot atau LES lebih berpotensi untuk mengalami penurunan fungsi.

  • Makanan Berlemak

Selain dengan faktor obesitas, adanya pemicu penyakit asam lambung (Gastroesophageal Reflux Disease) bisa dikarenakan oleh asupan makanan berlemak. sering mengkonsumsi makanan berlemak tidak hanya akan menyebabkan kegemukan saja, tetapi juga bisa menyebabkan LES mengalami penurunan fungsi. sebab kerja lambung perlu lebih keras lagi ketika mengkonsumsi makan makanan berlemak, maka dari itu lama kelamaan fungsi LES akan menurun sebab terlalu dipaksakan untuk mencerna makanan berlemak.

  • Kafein

LES juga bisa tidak berfungsi dengan baik di saat ada kefein masuk ke dalam lambung. sebab kafein akan menyebabkan otot lambung akan melemah sehingga asam lambung bisa naik atau keluar dari lambung. karena itu penyakit asam lambung (Gastroesophageal Reflux Disease) bisa kambuh di saat setelah mengkonsumsi coklat atau pun kopi yang mengandung kafein.

  • Penyakit hernia

Adanya penyakit asam lambung juga dapat di picu oleh penyakit hernia. sebab penyakit hernia akan menyebabkan masalah pada fungsi otot yang kondisinya melemah sehingga tidak dapat menahan organ di dalamnya. untuk itu pada saat menderita penyakit hernia maka ada potensi untuk mengalami penyakit asam lambung (Gastroesophageal Reflux Disease) juga.

  • Stress

Pemicu penyakit asam lambung bisa saat kondisi psikologis sedang kurang baik. karena sedang stress maka dampaknya akan menyebabkan penurunan fungsi organ tubuh seperti pada LES. maka dari apabila menderita penyakit lambung seperti asam lambung sebaiknya mengelola stress agar tidak akan sering kambuh.

  • Efek samping obat

Asam lambung (Gastroesophageal Reflux Disease) juga bisa terjadi karena disebabkan oleh efek samping obat. efek samping bahan kimia pada obat bisa memberikan efek samping dengan melemahnya lingkaran otot yang berada di lambung, sehingga penderitanya akan mengalami penyakit asam lambung.

  • Kehamilan

Penekanan pada otot lambung yang meningkatkan risiko keluarnya asam lambung tidak hanya dikarenakan kegemukan saja tetapi juga bisa dikarenakan kehamilan.

Gejala Asam Lambung (Gastroesophageal Reflux Disease)

  • Refluks asam lambung atau regurgitasi. Asam di dalam perut akan kembali ke kerongkongan dan juga mulut sehingga muncul rasa asam dan pahit.
  • Sensasi terbakar di dada atau nyeri ulu hati. Kondisi ini dirasakan pada tulang dada. Rasa nyeri akan terasa lebih kuat setelah makan dan saat membungkuk.
  • Kesulitan menelan.
  • Merasa seakan-akan ada benjolan di kerongkongan saat menelan.
  • Laringitis: peradangan pada laring atau pita suara yang menyebabkan tenggorokan sakit dan suara menjadi parau.
  • Batuk kering tanpa henti, terutama di malam hari.
  • Sakit dada.
  • Mengi
  • Gigi menjadi rusak.
  • Bau napas tidak sedap.
  • Peningkatan jumlah air liur secara tiba-tiba.

Mengatasi Asam Lambung (Gastroesophageal Reflux Disease)

Penyakit asam lambung sebaiknya diatasi agar tidak sering kambuh, dengan cara seperti berikut :

  • Obat asam lambung bisa dikonsumsi agar bagian lambung dapat berfungsi kembali. ada bahan alami bisa membantu mengatasi asam lambung (Gastroesophageal Reflux Disease) seperti menggunakan gandum atau dengan kunyit.
  • Menurunkan berat badan jika diperlukan.
  • Hindari cokelat, tomat, makanan berlemak, dan pedas.
  • Hindari minum alkohol dan kopi.
  • Berhenti merokok.
  • Tidur dengan bantal yang agak tinggi untuk mencegah naiknya asam lambung ketika sedang berbaring. (By:RM)

Asam Lambung (Gastroesophageal Reflux Disease)


=====================================

>>> Obat Asam Lambung Untuk Membantu Mengobati Penyakit Asam Lambung, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Asam Lambung and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *